Magspot Blogger Template

Cara Membuat Bootable Windows 7, 8, 10, 11 dan Linux

Cara Membuat Bootable Windows 7, 8, 10, 11 dan Linux - Bootable adalah sistem operasi windows atau linux yang sudah di bakar ke flashdisk dapat digunakan untuk install pada komputer atau laptop.

Bootable windows menggunakan USB flashdisk yang digunakan untuk menyimpan file data yang kita gunkan sehari-hari. Dengan Membuat Flashdisk Bootable Windows atau os linux, ini sangat simpel tidak seperti dulu ketika kita akan mengginsall laptop atau komputer sistem operasi harus dibakar terlebih dahulu ke CD DVD RW dan juga pada komputer atau laptop harus terpasang perangkat keras DVD RW yang akan membatu dalam proses penginstallana komputer tersebut.

Apa itu flashdisk bootable windows ?
Master Windows yang dibakar menjeadi Boot sistem operasi ke flashdisk agar dapat digunakan untuk insatll pada komputer.

Apa itu Windows ?
Windows adalah sistem operasi yang dibuat oleh perusahaan Microsoft.

Apa itu Linux ?
Linux adalah sistem operasi opensecure (terbuka). Sistem operasi Linux pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvalds pada 1991.

Nah sekarang Anda sudah tau kegunaan Bootable, selanjutnya di sekuling.com akan membuatkan panduan bagaimana proses membakar bootable windows ke fdd dengan alat bantu aplikasi Rufus, selengkapnya silahkan baca dibawah ini.

Berapa GB flashdisk untuk bootable ?
Minimal untuk membuat bootabel flashdsik adalah 4 GB tetapi lebih baiknya menggunakan fdd dengan kapasitas 8GB. Karena ada file master windows/linux 5GB keatas takutnya pada waktu pembakaran terjadi kegagalan karena tidak kurangnya penyimpanan.

Untuk aplikasi rufus saya menggunakan versi 2.17 dikarenakan untuk boot MBR dan GPT support semua. Kalau di versi terbaru untuk membakar master windows harus melihat type boot pada koputer/laptop terlebih dahulu, bila salah type bootable maka tidak bisa di install/gagal melanjutkan menginstall. Itulah perbedaan rufus yang versi ke 2.17 ke bawah dan versi yang terbaru saat ini.

Lalu Bagaimana cara membuat bootable flashdisk ? simak panduan dibawah ini. Ini dia langkah langkah membuat bootable flashdisk dengan aplikasi Rufus.

Langkah-Langkah Membuat Bootable Flashdisk di Windows dan Linux

  1. Download terlebih dulu aplikasi portable Rufus 2.17. Saran dari saya, unduh yang Portable (bisa dibawa kemana-mana), adalah menjalankan aplikasi tidak perlu di install pada perangkat komputer secara permanen. Hal tersebut mengurangi penyimpana  pada komputer bila aplikasi tidak di insatll pada komputer secara permanen.
  2. Jalankan aplikasi Rufus, lalu tancapkan Flashdisk ke komputer. Pada device rufus sudah ada nama FDD flashdisk artinya sudah terdeteksi.
    Keterangan :
    - 1. Device : flashdisk sudah tertancap pada komputer dengan nama"UDF Volume (H:) (32GB).
    - Partition scheme and target system type : Pilih MBR partition scheme for BIOS or UEFI-CSM (dengan type ini dapat digunakan penginstallan pada partisi MBR dan GPT).
    - File System : buat "NTFS" karena system windows support NTFS.
    - Cluster size : setting pembakaran boot windows ke flashdisk ke (Default) saja.
    - New volume label : silahkan ganti/ubah nama bootable dengan nama sendiri.
    - Bila flashdisk belum di format, centang pada Quick format.
    - Centang pada Create a bootabe disk using, pada sebelah kiri kiki logo CD lalu pilih master windows/linux yang akan dibakar menjadi bootabel.
    - Start untuk memulai pembakaran memindahkan file master ke flashdisk menjadi bootable windows yang dapat digunakan untuk Install komputer/laptop.

  3. Bila sudah selesai dapam pembarana, flashdisk jangan dibuka, takutnya nanti file boot akan korup yang artinya file boot ada yang hilang/rusak terkena virus. Bila sudah selesai langsung di eject agar bootable yang berada pada fdd terjaga aman.

Selamat, sekarang Anda sudah bisa membuat bootable windows/linux dengan falashdisk menggunakan aplikasi rufus. Semoaga dengan panduan yang sudah dibuatkan www.sekuling.com dapat bermanfaat untuk Anda. Terima kasih sudah berkujung.

Panduan Tutorial Cara Membuat Bootable Flashdisk di Windows dan Linux untuk digunakan install pada komputer dan laptop.

Sekuling

Media Teknologi Informasi Indonesia

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال