Magspot Blogger Template

Sejarah Pandu Dunia dan Soal Jawab

Profil Lord Baden Powell of Gilwell

Lord Baden Powell of Gilwell, atau yang lebih dikenal sebagai Baden Powell, adalah pendiri Gerakan Pramuka. Ia lahir pada 22 Februari 1857 di London. Ayahnya, Domine Baden Powell, adalah seorang Profesor Geometry di Universitas Oxford. Sayangnya, ayahnya meninggal saat Baden Powell masih kecil.


Baden Powell memiliki pengalaman bertugas di berbagai medan pertempuran, termasuk di India, Afganistan, Zulu, dan Ashanti. Ia juga terlibat dalam Perang Boer di Afrika Selatan, di mana ia mengalami masa terkepung selama 127 hari di Kota Mafeking.

Salah satu kontribusi utama Baden Powell adalah penulisan buku "AIDS TO SCOUTING", yang memberikan petunjuk kepada tentara Inggris dalam tugas penyelidikan. Buku ini mencakup keterampilan bertahan hidup di alam liar, seperti navigasi hutan, identifikasi tanda-tanda alam, dan pengetahuan tentang sumber daya alam.

Pada tanggal 25 Juli 1907, Baden Powell mengadakan perkemahan di Pulau Brownsea bersama 21 pemuda dari kelompok Boys Brigade. Mereka menguji isi buku "AIDS TO SCOUTING" dalam kegiatan sehari-hari. Pengalaman ini dicatat dan akhirnya menjadi buku "SCOUTING FOR BOYS" yang diterbitkan tahun 1908.

Selain Boys Scout, Baden Powell juga mendirikan Girl Guides dengan bantuan adik perempuannya, Agnes, dan Ny. Baden Powell. Mereka menerbitkan panduan untuk Girl Guides yang memberikan prinsip-prinsip kepanduan khusus untuk putri.

Pada tahun 1920, Baden Powell diangkat sebagai Chief Scout of The World atau Bapak Pandu Sedunia, dan Dewan Internasional Kepanduan Sedunia pun terbentuk. Ia juga mendapat gelar kehormatan "Lord" dari Raja George V pada tahun 1929.

Baden Powell wafat pada tanggal 8 Januari 1941 di Nyeri, Kenya, tempat ia menghabiskan masa tuanya. Ia diantar oleh para pandu yang sangat mencintainya ke tempat peristirahatan terakhir.

Soal dan Jawaban Sejarah Pandu Dunia 

  1. Kapan Lord Baden Powell of Gilwell lahir?
    Jawaban: Lord Baden Powell of Gilwell lahir pada 22 Februari 1857.

  2. Apa yang menjadi kontribusi utama Baden Powell dalam pembentukan Gerakan Pramuka?Jawaban: Kontribusi utama Baden Powell adalah penulisan buku "AIDS TO SCOUTING", yang memberikan petunjuk kepada tentara Inggris dalam tugas penyelidikan dan keterampilan bertahan hidup di alam liar.

  3. Kapan Baden Powell diangkat sebagai Chief Scout of The World?
    Jawaban: Baden Powell diangkat sebagai Chief Scout of The World pada tahun 1920.

  4. Di mana Baden Powell menghabiskan masa tuanya sebelum wafat?
    Jawaban: Baden Powell menghabiskan masa tuanya di Nyeri, Kenya.

  5. Siapa yang membantu Baden Powell dalam pendirian Girl Guides?
    Jawaban: Agnes, adik perempuan Baden Powell, dan Ny. Baden Powell membantu dalam pendirian Girl Guides.

Sekuling

Media Teknologi Informasi Indonesia

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال