Magspot Blogger Template

Susunan dan Tata Upacara Pelantikan Pramuka Penggalang Ramu serta Naskah Tanya Jawab


Setelah menyelesaikan ujian SKU Penggalang Ramu, anggota pramuka bisa melaksanakan upacara pelantikan dengan nasakah tanya jawab oleh Pembina dengan Calon Penggalang Ramu.

Dalam pelantikan mengartikan seorang anggota gerakan pramuka menyanggupi mengucapkan secara suka rela janji dan melaksanakan moral yang akan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh sesuai aturan gerakan pramuka yang sudah ditetapkan.

Anggota Pramuka Penggalang yang sudah menyelesaikan ujian syarat kecakapan umum (SKU Ramu)  berhak dilantik mendapatkan bet TKU manggar ramu.

Susunan Upacara Pelantikan Penggalang Ramu
Pada pelaksanaan upacara pelantikan penggalang ramu berlangsung tanpa ada pembawa acara. Upacara tersebut berlangsung seperti air mengalir dengan alur acara pada saat latihan atau geladi oleh semua petugas dan pembina yang sudah ditetapkan.

Tujuan mengadakan gladi pelantikan adalah agar pada saat upacara dimulai dapat berjalan dengan hikmat, lancar dan bermakna.

Sebelum melaksanakaan upacara pelantikan penggalang ramu, Pratama memiliki tugas sebagai berikut :
  1. Mengumpulkan pasukan dan membariskannya ke dalam bentuk barisan upacara (angkare) tepat depan tiang bendera lapangan upacara
  2. Memeriksa kebersihan dan kerapian anggota
  3. Mengecek kesiapan petugas upacara dan anggota yang akan terlantik menjadi Penggalang Ramu baru

Susunan Pelantikan Penggalang Ramu adalah sebagai berikut:
  1. Pembantu Pembina menempatkan diri tepat di belakang Pembina upacar dengan barisan bersaf
  2. Pinru mengantarkan calon Penggalang Ramu ke hadapan pembina
  3. Calon Penggalang Ramu maju sekitar 4 (empat) langkah ke depan menghadap pembina
  4. Pembina upacara dan pembantu Pembina menempatkan diri dalam lapangan upacara tepat di depan tiang bendera Merah Putih
  5. Pelaksanaan tanya jawab pelantikan antara Pembina dengan calon Penggalang Ramu (naskah terlampir)
  6. Do’a yang terpimpin langsung oleh pembina
  7. Bendera Merah Putih memasuki lapangan upacara mendekati calong Penggalang Ramu. (Penghormatan terpimpin oleh Pratama)
  8. Pengucapan Tri Satya (Penghormatan terpimpin oleh Pratama)
  9. Penyematan TKU Penggalang Ramu oleh Pembina upacara
  10. Bendera Merah Putih Meninggalkan lapangan upacara pelantikan Penggalang Ramu
  11. Pratama memimpin penghormatan kepada anggota Penggalang Ramu yang telah terlantik
  12. Pinru menjemput anggota Penggalang Ramu yang telah terlantik
Pelantikan penggalang ramu SKU


Dalam penataan formasi upacara pelantikan pramuka penggalang ramu dengan membetuk barisan "Angkare" atau seperti huruf U, Anda bisa lihat gambar draf penataan pasukan upacara pelantikan pramuka Indonesia.

Naskah Tanya Jawab Pelantikan
Sebelum saya melantik adik menjadi Penggalang Ramu pada upacara pelantikan ini perlu kakak tegaskan.

Bahwa Gerakan Pramuka adalah salah satu organisasi kepanduan yang terakui Pemerintah dalam UU. NO. 12 Tahun 2010. Tentang Gerakan Pramuka sebagai badan yang tertugaskan menyelenggarakan pendidikan kepada anak-anak dan pemuda Indonesia. Dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan.

Untuk itu sebelum kakak melantik adik. Kakak akan mengajukan beberapa pertanyaan yang dapat membuat adik lebih mantap dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan kepramukaan. Oleh karena itu, kakak minta adik menjawab dengan penuh kesungguhan, tegas dan sukarela.

“Sebelum saya melantik sudahkah adik menyelesaikan SKU Penggalang Ramu sebagai syarat pelantikan?” (Siap sudah)

Gerakan Pramuka yang merupakan wadah untuk mendidik adik-adik penggalang agar dapat belajar berorganisasi sesuai dengan AD/ART Pramuka.

“Sudah siapkah adik untuk di lantik?” (Siap sudah)

Penggalang Ramu adalah orang yang memiliki kemampuan, dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap Gerakan Pramuka Indonesia. Selain itu Penggalang Ramu juga terdiri dari orang-orang yang dapat terpercaya dan terandalkan dalam melaksanakan tugas tanggung jawab. Serta dapat menjadi contoh dalam mengamalkan Tri Satya dan Dasa Dharma.

“Sanggupkan adik untuk melaksanakannya?” (Siap sanggup)

Terima kasih atas kesiapan dan kesanggupan serta kesediaan adik. Dan sebelum kakak lantik pada upacara pelantikan Penggalang Ramu hari ini. Saya persilahkan adik untuk berdo’a memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Agar adik di beri kekuatan baik jasmani maupun rohani dalam upaya membentuk karakter dan kepribadian generasi muda Indonesia. Serta menjadi warga negara yang berpancasila dan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Berdoa di persilahkan!”

Selanjutnya kakak persilahkan adik untuk memegang ujung bendera Merah Putih dan letakkan pada dada sebelah kiri. Kemudian ikutilah kata-kata kakak.

Tri Satya
Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:
  1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila
  2. Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat
  3. Menepati Dasa Darma

Atas dasar Tri Satya yang adik ucapkan dan kesanggupan untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai anggota Gerakan Pramuka. Kakak yakin Gerakan Pramuka khususnya Gugus Depan SMP Negeri 3 Cawas akan mencapai masa kejayaan.

Maka dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa kakak mengesahkan adik sebagai Penggalang Ramu pada upacara pelantikan hari ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingannya kepada kita semua. Aamiin.

Cawas, 27 November 2024

Ketua Gugus Depan
SMP N 3 Cawas

TTD

Titik Retnoningsih,S.S

Sekuling

Media Teknologi Informasi Indonesia

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال