Magspot Blogger Template

Belajar Kepemimpinan Pramuka dari Dasar


Kepemimpinan adalah keterampilan pembentukan seorang pemimpin dengan cara digembleng agar tertanam dasar-dasar karakter seorang pemimpin.

Sebelum memimpin, harus mampu memimpin diri sendiri (self leadership). Belajar menjadi seorang pemimpin dimulai dari memimpin orang yang paling kamu kenal atau diri sendiri terlebih dahulu.

Disaat bergabung dalam latihan kepramukaan di gugusdepan pasti membayangkan kegiatan penjelajahan, berkemah, kegiatan api unggun dan sbaginya.

Kegiatan-kegiatan yang akan kamu alami awalan menjadi seorang pemimpin di kepramukaan pasti akan di perkenalkan dengan Trisatya dan Dasadarma. Yang memiliki tugas memimpin diri sendiri untuk menepati janji yang terkandung dalam Trisatya. Kamu harus bisa menanamkan sikap-sikap yang seharusnya pada diri sendiri, sebagaimana yang terkandung dalam Dasadarma.

Untuk menerapkan Trisatya dan Dasadarma dalam dirimu adalah pembinamu. Untuk menjadi seorang pemimpin, harus melakukan 2 hal penting:
  1. Berlatih keterampilan kepemimpinan, kemapuan bersosialisasi dan bekerja sama dengan orang lain.
  2. Berlatih keterampilan belajar sambil kegiatan di alam terbuka. 
Untuk memudahkan penerapan pendikan kepramukaan dengan sistem beregu (patrol system). Kamu akan menjalani latihan pramuka dan kegiatan pramuka secara berkelompok terkecil disebut dengan regu. Kalau menjadi kelompok lebih besar disebut dengan pasukan.

Seorang pramuka dewan penggalang akan mendapatkan tugas dari pembina. Untuk menjalankan regumu atau pasukanmu diadakan pertemuan (musyawarah). Pertemuan itu akan mebahas rencana kegiatan pramuka yang akan datang dan digunakan untuk mencari solusi (pemecahan masalah) bila ada hambatan pada kegiatan pramuka, kamu harus:
  1. Menyamikan pendapat dengan bahasa yang baik dan sopan.
  2. Menghargai pendapat orang lain.
  3. Mengendalikan emosi, agar tidak timbul permasalahan baru yang tidak perlu. 

Sekuling

Media Teknologi Informasi Indonesia

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال